Selasa, 25 Maret 2008

Tanggapan Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Sekolah Dasar

Penguasaan akan kalimat dalam bahasa Indonesia bagi guru sekolah dasar itu sangat penting untuk dimiliki. Hal itu merupakan salah satu standar kompetensi bagi siswa. Oleh karena itu Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar itu sangat penting karena sebagai mahasiswa PGSD yang sedang dibentuk untuk menjadi seorang pengajar di sekolah dasar kita diharuskan lebih menguasai akan pembelajaran kalimat. Karena kita sebagai guru akan mengajarkannya kepada siswa, apabila kita sebagai pengajar saja tidak menguasainya maka bagaimana jika kelak kita mengajarkan pada anak didik kita. Karena kurangnya penguasaan kalimat menjadi penyebab rusaknya pemahaman siswa terhadap bahasa Indonesia. Hal itu akan berdampak buruk juga pada keterampilan siswa lainnya seperti berbicara dan menulis. Lebih lanjut lagi penguasaan kalimat bagi guru maupun siswa akan berpengaruh kepada komunikasi antar keduanya dalam pengajaran atau penyampaian materi (KBM).

1 komentar:

Iswara mengatakan...

Bentuk, "Penguasaan akan kalimat dalam bahasa Indonesia ..." keliru. Seharusnya ditulis, "Penguasaan kalimat dalam bahasa Indonesia ...."

Kalimat, "Oleh karena itu Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar itu sangat penting ..." keliru. Jika Anda bermaksud merujuk pada judul artikel dari jurnal, maka judul artikel dari jurnal itu mesti di antara tanda kutip. Jika tulisan Anda tidak bermaksud merujuk pada judul artikel, tak perlu menggunakan huruf kapital.

Kata akan dalam bentuk, "... kita diharuskan lebih menguasai akan pembelajaran kalimat." keliru. Sebaiknya dihapus.

Kata karena pada awal kalimat, "Karena kita sebagai guru akan mengajarkannya kepada siswa, apabila ..." keliru. Kata karena dalam konteks ini tak boleh digunakan di awal kalimat. Sebaliknya kata apabila pada konteks ini mestinya mengawali kalimat baru. Pada kalimat ini juga terdapat multikonjungsi yang rancu apabila, maka, jika. Sebaiknya dipilih konjungsi secara cermat dan hemat.

Demikian pula kata karena pada awal kalimat, "Karena kurangnya penguasaan ..." keliru. Sebaiknya kata itu dihapus saja.

Kata antar keduanya seharusnya ditulis antarkeduanya.

Silakan buka blog teman-teman Anda dan perhatikan komentar yang ada di dalamnya.